Langsung ke konten utama

Menjelajahi Wisata Sejarah Gunung Galunggung, Menikmati Keindahan Alam Jawa Barat

Apakah teman cerita pernah mendengar tentang  Gunung Galunggung? Mari kita jelajahi keindahan alamnya, sekaligus belajar sejarahnya. 😉





Gunung Galunggung berada di Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dari alun-alun Singaparna teman cerita bisa naik angkutan umum yang menuju ke Cipanas Galunggung dengan tarif 14 ribu saja. Jangan khawatir nyasar, kamu bisa mengandalkan GPS kok (Gunakan Penduduk Sekitar), apalagi orang-orang yang ditemui di Tasikmalaya sepanjang perjalanan semua ramah dan murah senyum sekali 🤗. So, tunggu apalagi...


Gunung ini memiliki 2 puncak tertinggi yaitu Dinding Ari dan Beuticanar. Tercatat pernah mengalami 4 kali erupsi, letusan terakhirnya yaitu kejadian di tahun 1982-1983 yang berlangsung selama 9 bulan. Ada yang masih mengingat tentang bencana meletusnya Gunung Galunggung tahun 1982? Mengerikan sepertinya jika diingat oleh yang langsung merasakannya 😢 Saya sendiri mendapatkan cerita ini dari orangtua, gak bisa terbayangkan penduduk di kaki gunung waktu itu seperti apa takutnya. 


Bagaimana mungkin tidak menakutkan, gunung ini meletus dengan hebat dan menimbulkan bencana alam yang besar. Mengalami erupsi dari awal Mei 1982 hingga 8 Januari 1983, letusan tersebut menyebabkan kerusakan yang sangat besar di sekitar gunung, rumah, bangunan hancur, jalan tertutup oleh abu, berdampak pada pertanian, gangguan transportasi termasuk penerbangan, tentunya menimbulkan kerugian ekonomi yang signifikan untuk masyarakat setempat. Orang-orang yang menolak lupa akan bencana meletusnya Gunung Galunggung ini, bisa juga teman cerita tonton di link berikut: https://youtu.be/NzrVDVj6PMg?feature=shared.


Jadi ingat cerita petualangan Ali, Raib, dan Seli di Novel "Bintang" (salah satu buku Bumi Series yang ke 4 Tere Liye), sebuah misi menyelamatkan semua klan di dunia paralel dari runtuhnya pasak bumi. Teman cerita mungkin ada yang sudah membaca dan mengikuti novel series ini, kebayang yah imajinasinya kalo pasak bumi runtuh semua peradaban akan hancur 😰.


Kejadian ini tentunya menjadi pembelajaran juga bagi kita semua untuk lebih waspada terhadap potensi bencana alam yang dapat terjadi kapan dan di mana saja. Akan selalu ada hikmah di balik setiap kejadian, pengingat bagi manusia bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Selain itu bisa meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial, mendorong untuk terus berinovasi menghasilkan teknologi baru, dan tentunya meningkatkan kesadaran lingkungan, serta kesiapsiagaan.




Setelah beberapa tahun berlalu, Gunung Galunggung akhirnya pulih dan kini menjadi salah satu wisata populer di Tasikmalaya, Jawa Barat. Untuk menuju bibir kawah Galunggung, wisatawan tidak perlu khawatir dengan tracknya, karena ini sangat ramah untuk semua usia. Terdapat beberapa alternatif untuk bisa menikmati pemandangan kawah yang indah dari atas. Daerah sekitar gunung saat ini sudah menjadi wisata menarik yang memanjakan mata. Tidak hanya kawahnya, di sini juga ada pemandian air panas, curug, sampai perkemahan. Gak usah takut kemaleman, karena kamu bisa camp di sini. Banyak spot camp yang nyaman di sekitar Galunggung, hanya saja tetap berhati-hati dengan kera-kera 🐒🐒. 


"Jangan pernah memberikan makanan apapun kepada kera." 🐵🙉 Larangan memberikan makanan kepada hewan terutama di alam liar, adalah agar mereka tidak menjadi ketergantungan kepada manusia, hal ini akan membuat kebiasaan makan alami hewan dan membuat mereka kehilangan kemampuan mencari makan sendiri. Jika sudah seperti itu akan berdampak pada keseimbangan lingkungan. Lagian kita tidak sepenuhnya tahu kalo makanan yang aman untuk manusia, belum tentu aman jika dikonsumsi hewan bukan? Nanti kalo hewannya sudah sakit, bukan tidak mungkin akan berbahaya juga bagi kehidupan manusia. Jadi bijaksanalah ketika berkunjung ke manapun. Berpikir sebelum bertindak!!!


Oh iya, bagi wisatawan bisa melewati jalanan setapak, naik tangga yang berjumlah 500-600an (tangga kuning/biru), atau kalo mau menghemat waktu dan tenaga bisa banget kok minta dianter ojek gunung (kalo ada yang mudah, kenapa harus ngambil jalan yang sulit) 🙃.  Namun satu hal yang perlu diingat, semua orang berproses dengan cara dan jalannya masing-masing, jadi tidak perlu saling mengejek, mencela atau berkomentar buruk, saling menghargai itu lebih baik. 😊 Apapun jalan yang kita pilih, yang terpenting akhirnya bisa sama-sama menikmati keindahan alam semesta ini ya teman. Hehe


Destinasi wisata Gunung Galunggung memang wajib untuk dikunjungi kalo teman cerita lagi jalan-jalan di Tasikmalaya, jangan ragu mampir untuk melihat keindahan alam semesta satu ini ya. Eitss status gunung ini hingga sekarang masih aktif, jadi tetap berhati-hati.


Galunggung
Tahun 1982-1983 di saat awan gelap, abu, dan petir mengiringi dentuman letusanmu, seluruh dunia terpukau olehmu. 
Kini saatnya kemolekanmu kau tampilkan, seluruh dunia pastikan terpesona.


Salam,

Teman cerita.


Next kalo ke Tasikmalaya, mau nyoba Bus Ngulisiknya (Nguriling Kota Tasik) 💃💃

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Menginap di Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Night at Museum - Menginap di Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Apa yang kamu temukan di sana? 👻👹 Apa yang pertama kamu pikirkan ketika ada kegiatan menginap di Museum? Teringat filmnya  Night at the Museum, tentang  seorang penjaga malam di Museum Sejarah yang menemukan bahwa koleksi museumnya hidup kembali setiap malam. 😱😱 Kira-kira mungkin terjadi ga ya di kehidupan nyata? Eitss penasaran ga? Jadi gini...  Semua berawal dari keinginan menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 78 dengan cara yang beda. Teman cerita perlu meyakini bahwa k emerdekaan itu adalah sebuah proses. Selama hampir 78 tahun ini kita ngapain aja? Kepikiran, ngapain aja ya kira-kira?   Banyak cara seru yang dapat dilakukan untuk menyemarakkan hari Ke merdekaan Indonesia, seperti mengikuti perlombaan, menonton film pahlawan, atau berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, salah satunya pergi ke Museum.  Salah satu Museum yang menarik dikunjungi untuk napak tilas di HUT RI adalah Museum Perumusan Naskah Prokl

Mengenal Lebih Dekat Urang Kanekes, Baduy Dalam dan Hidup Berdampingan Dengan Alam

Apa yang teman cerita pikirkan tentang Baduy? Suku pedalaman yang tertinggal dan jauh dari kata modern? Siapa sih sebenarnya suku Baduy itu? Apa benar kehidupan orang Baduy penuh dengan Mistis? Nah, kali ini aku ingin berbagi cerita tentang pengalaman menarik ketika berkunjung ke Perkampungan Baduy. Perkampungan yang jauh dari keramaian kota. Menghabiskan akhir pekan di Baduy Dalam? Kenapa Nggak 😉 Oke, be quiet! Life is simple, but not easy.  Mari belajar kesederhanaan dan ketangguhan hidup orang Baduy. Don't slack off! Mari bergerak dan ikut berpetualang bersamaku 🚶‍♀️🚶‍♀️🚶‍♀️🚶‍♀️ Hal pertama yang menarik adalah mereka sendiri ternyata tidak pernah menyebut dirinya suku Baduy, melainkan urang Kanekes (orang Kanekes). Aku baru tau hal ini ketika Ayah Darma menjelaskan.  Ada dua golongan yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Apa perbedaannya?  Untuk perbedaan yang mudah diketahui adalah orang Baduy Luar sudah bisa menerima budaya dari luar, menggunakan handphone, mandi dengan sab

Van Gogh: The Immersive Experience

Vincent van Gogh adalah salah satu seniman paling terkenal di dunia, dan karya-karyanya telah menginspirasi banyak orang.  Pameran ini adalah kesempatan untuk melihat lebih dekat pada karya-karyanya yang luar biasa dan mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan dan karirnya yang juga lebih dari luar biasa. Saya tidak banyak tahu tentang kehidupan Van Gogh, namun dari beberapa lukisan yang dipamerkan ternyata ada penjelasan bahwa beliau memiliki penyakit mental yang cukup serius. Penyakit mental Van Gogh memiliki dampak yang besar pada karya seninya.  Lukisan-lukisannya sering kali menggambarkan suasana hati yang suram dan depresi, dan sering kali menampilkan tema-tema kematian dan keputusasaan. Namun, lukisan-lukisan Van Gogh juga menunjukkan kecerdasan dan kepekaannya yang luar biasa, dan tetap menjadi salah satu karya seni paling terkenal dan berpengaruh di dunia.  Pengalaman setelah melihat pameran van Gogh sangat menyenangkan. Saya bisa sangat menikmati karya-karyanya yang indah da